TikTok Seller Center Adalah? Tips Mudah untuk Memulai Bisnis di TikTok
TikTok Seller Center adalah platform e-commerce resmi dari TikTok untuk mengelola dan mengembangkan bisnis online Anda.
Melaui platform ini, Anda tidak hanya bisa mengatur produk dan pesanan, tetapi juga mendapatkan pembaruan sistem dan fitur terbaru yang bisa menunjang performa toko online Anda.
Agar lebih jelas, artikel ini akan membahas apa itu TikTok Seller Center dan cara memulai bisnis online shop untuk mendatangkan banyak pembeli di TikTok. Simak pembahasan selengkapnya di bawah ini!
BACA JUGA: Penjelasan Tethering Internet dan Bedanya dengan Hotspot
Apa Itu TikTok Seller Center?
TikTok Seller Center adalah platform yang disediakan oleh TikTok untuk para pemilik bisnis. Di sinilah tempat Anda bisa mengatur katalog produk, melihat performa penjualan, mengelola pesanan, dan menjalankan campaign promosi di TikTok Shop.
TikTok Seller Center juga menyediakan berbagai tools, seperti manajemen operasional toko, layanan dan keterlibatan pelanggan, dan menganalisis kinerja penjualan.
Dengan memanfaatkan semua fitur ini, Anda bisa meningkatkan visibilitas produk, membangun koneksi dengan audiens, dan mendorong konversi penjualan di TikTok.
Tips Memulai Bisnis Online Shop di TikTok, Pasti Ada yang Beli!
Ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai bisnis online shop di TikTok, antara lain:
1. Pahami Bagaimana Cara Kerja TikTok
Pertama, Anda perlu memahami algoritma TikTok bekerja. TikTok akan menampilkan konten melalui halaman For You Page (FYP) sesuai minat dan interaksi pengguna.
Konten yang mendapat banyak like, komentar, share, dan durasi tonton yang tinggi memiliki peluang untuk masuk FYP. Artinya, semakin menarik dan interaktif konten Anda, semakin besar peluangnya dilihat banyak orang.
2. Buat Konten TikTok yang Menarik
Konten adalah kunci utama untuk memulai bisnis online di TikTok. Untuk itu, buatlah konten yang menarik perhatian audiens di 3 detik pertama (hook). Anda juga bisa membuat konten dengan gaya storytelling, menampilkan keunikan bisnis, atau video yang menjawab permasalahan pelanggan.
Sebagai tambahan, gunakan musik atau audio yang sedang tren agar tetap relevan. Perlu diingat bahwa setiap video harus menghibur, informatif, atau inspiratif agar penonton melihat konten Anda sampai selesai.
3. Lakukan Promosi Optimasi dan Gunakan Hashtag
Hashtag berfungsi membantu algoritma TikTok mengenali topik video Anda. Jadi, gunakan tagar yang populer dan relevan sesuai niche bisnis Anda.
Selain itu, Anda bisa mempromosikan bisnis Anda dengan iklan berbayar (TikTok Ads) untuk menjangkau audiens yang lebih spesifik dan luas. Saat ini, TikTok Ads sudah dilengkapi dengan AI-powered targeting sehingga Anda bisa lebih presisi dalam menargetkan calon pembeli.
4. Posting Konten secara Konsisten
Agar akun Anda dianggap aktif oleh algoritma TikTok, posting konten secara konsisten. Idealnya, posting 1 video per hari atau minimal 3–5 kali seminggu. Konsistensi akan membantu bisnis Anda untuk membangun audiens yang loyal dan memperbesar peluang tampil di FYP.
Anda bisa memakai TikTok Analytics di TikTok Seller Center untuk mengetahui waktu posting yang tepat sesuai perilaku audiens Anda.
5. Perhatikan Apa yang Sedang Trending di TikTok
Anda perlu memantau tren yang viral di TikTok, seperti audio, filter, challenge, atau topik yang sedang ramai dibicarakan. Anda bisa menyesuaikan tren tersebut sesuai produk dan target pasar bisnis Anda.
Untuk mengetahui konten yang sedang tren atau viral, Anda bisa menggunakan "TikTok Trend Discovery". Fitur ini akan membantu Anda mencari tren berdasarkan kategori, kata kunci, atau lokasi tertentu.
6. Rutin Live dan Berikan Diskon Spesial Live
Tips memulai bisnis online shop yang terakhir adalah Live TikTok. Fitur ini sangat efektif untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda. Saat live berlangsung, Anda bisa menjelaskan produk, menjawab pertanyaan, dan menawarkan diskon bagi para penonton.
Menurut data Statista 2024, 71% pengguna TikTok lebih tertarik membeli saat live dibanding melihat iklan biasa. Maka dari itu, Anda bisa melakukan live secara rutin minimal 2–3 kali seminggu serta memanfaatkan fitur, seperti diskon voucher, flash sale, atau countdown promo.
BACA JUGA: Waspada! Ini Cara Mengetahui WiFi Dibobol Orang Lain
XL SATU, WiFi Super Ngebut Buat Anda yang Punya Bisnis Online Shop di Rumah!
TikTok Seller Center adalah tempat bagi bisnis owner untuk berjualan online di TikTok. Platform ini akan membantu Anda mengelola semua aspek toko dengan efisien, seperti produk, pemesanan, dan promosi.
Untuk menjalankan bisnis online dengan lancar, tentunya Anda perlu memiliki koneksi internet yang stabil. Salah satu provider yang bisa diandalkan adalah XL SATU.
Dengan XL SATU, Anda akan mendapatkan kecepatan internet yang stabil dan tidak perlu pusing memikirkan biaya instalasi pada saat akan berlangganan.
Semua paket langganan WiFi yang ditawarkan oleh XL SATU sudah mencakup gratis biaya instalasi dan gratis sewa perangkat modem WiFi.
Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan benefit berlimpah seperti upgrade Speed Booster hingga 150 Mbps selama 6 bulan, gratis 2 kartu SIM XL prabayar hingga gratis kuota XL untuk sekeluarga yang bisa diaktifkan melalui aplikasi myXL.
Tertarik untuk berlangganan? Cek paket-paket WiFi dari XL SATU di tautan berikut. Jangan lewatkan juga promo-promo menarik lainnya dari XL SATU di sini. Yuk, langganan sekarang!